Berita

Bahan Untuk Mengentalkan Air

Pengertian pengental

Pengental adalah bahan pendamping yang digunakan untuk menstabilkan, memekatkan atau mengentalkan air pada pembuatan aneka makanan, sampai kekentalan tertentu. Contoh bahan pengental yaitu pati, gelatin, gum (karagenan, agar, gelatin).
beberapa pengental buatan, seperti
1. Xanta gum, Berfungsi sebagai bahan pengental, memperbaiki tekstur dan mencegah pemisahan emulsi.
2. CMC Na, Berfungsi sebagai bahan pengental, pengikat pada formula tablet, meningkatkan viskositas dan memperbaiki tekstur.
3. Karagenan, Karagenan merupakan polisakarida yang didapat dari hasil ekstraksi red seawedds. Zat ini digunakan pada makanan dan industri lain sebagai pengental, lubricant, suspending agent dan stabilizing agent.

Bahan Pengental Air adalah bahan yang dapat meningkatkan kekentalan air tanpa mengubah sifat-sifat air tersebut. Bahan pengental foodgreade umumnya dipakai untuk mengentalkan saus, sop, dan puding tanpa mengubah rasanya. Meskipun demikian, bahan pengental juga dikenal digunakan pada cat, tinta, dan kosmetika.

Bahan pengental dapat meningkatkan suspensi bahan-bahan lainnya atau emulsi untuk meningkatkan kestabilan suatu produk. Bahan pengental biasanya diatur sebagai bahan tambahan pangan dan bahan kosmetika dan perawatan pribadi. Beberapa bahan pengental adalah bahan yang dapat membentuk gel, larut dalam fase cair sebagai campuran koloid yang membentuk struktur internal yang tidak terlalu kohesif. Lainnya lagi bertindak sebagai bahan tambahan tiksotropika mekanis dengan partikel-partikel terpencar yang menempel atau saling mengunci untuk menahan regangan (wikipedia).

Emulsi, merupakan komposisi dari dua zat yang tidak terpisah (minyak dan air) yang sebelumnya terpisah, biasanya terdiri dari minyak dan air. Zat pengemulsi (emulgator) merupakan komponen yang paling penting agar memperoleh emulsi yang stabil. Zat pengemulsi adalah PGA, tragakan, gelatin, sapo dan lain-lain. Emulsi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu emulsi vera (emulsi alam) dan emulsi spuria (emulsi buatan). Emulsi vera dibuat dari biji atau buah, dimana terdapat disamping minyak lemak juga emulgator yang biasanya merupakan zat seperti putih telur (Anief, 2000).

Hydroxyethylcellulose (HEC), Merupakan pengental yang diperoleh dari selulosa (senyawa organik yang banyak dijumpai di tanaman). HEC dikenal juga dengan nama merek dagang Cellosize dari DOW. Melarutkan HEC ke dalam air sedikit sulit karena HEC cenderung menggumpal jika langsung dicampur ke dalam air. Membutuhkan sedikit kesabaran dan teknik untuk melarutkan ke dalam air. HEC merupakan pengental yang sering digunakan untuk membuat sabun cair. Membuat sabun cair menjadi gel hanya dengan menambahkan jumlah yang sesuai. (banaransoap)

Carbomer, adalah Bahan higroskopis yang berfungsi untuk mengentalkan suatu larutan. Bahan ini sering digunakan untuk membentuk gel dari air dalam pembuatan pomade water-based., Sterno, shampoo, sabun cair, dll.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Mohon untuk Non-Aktifkan AdBlok. Terima Kasih